EVALUATING THE IMPLEMENTATION OF PORTFOLIO-BASED TIMED-HANDWRITING MODEL TO TEACH WRITING AT THE ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF UNIVERSITAS MURIA KUDUS


Muh Syafei, 0201618018 (2023) EVALUATING THE IMPLEMENTATION OF PORTFOLIO-BASED TIMED-HANDWRITING MODEL TO TEACH WRITING AT THE ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF UNIVERSITAS MURIA KUDUS. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 300122023_Muh Syafei.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dengan menggunakan Stake’s Countenance Evaluation Model dan melibatkan 74 partisipan dan dipilih dengan sengaja, penelitian ini mengevaluasi penerapan (perencanaan, pelaksaan, evaluasi) dari the Portfolio Based Timed-Handwriting Model (PBTHM) atau Model Menulis dengan Tangan Berbasis Portofolio dan Berbatas Waktu (M2TBPBW) dari perspektif mahasiswa, berdasarkan teori yang relevan, kajian kualitatif sebelumnya, pengalaman mengajar, dan praktik terbaik untuk mengajar menulis paragraf di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (EED UMK). PBTHM terdiri dari fitur-fitur khusus yaitu; batas waktu, topik tulisan yang ditentukan, moda tanpa bantuan, moda tulisan tangan, dan moda permainan yang adil. Semua karya direvisi dan disusun menjadi portofolio. Metode kuantitatif perseptif memfokuskan pada relevansi, kualitas, dan persepsi pelaksanaan PBTHM. Sementara itu, metode kuantitatif observasional untuk melihat keefektifitas implematasi dilihat dari skor tulisan asli dan revisi sebelum dan sesudah penerapan PBTHM dengan kategori kefasihan rendah dan tinggi serta interaksinya. Kajian ini menunjukkan bahwa relevansi penerapan PBTHM baik (4.03 dari 5) meliputi unsur-unsurnya: tujuan (4.01), silabus (4.06), RPP (3.88), materi (3.97), prosedur (3.99), media (4.01), dan evaluasi (4.26) dalam pembelajaran menulis paragraf. Kualitas pelaksanaan PBTHM berkategori baik (3,97 dari 5) yang meliputi aspek (4,02), prosedur/langkah (3,93), unsur-unsur (3,92), dan topik (4). Persepsi mahasiswa terhadap PBTHM berkategori positif (rata-rata 3,97 dari 5,00) meliputi persepsi terhadap tulisan tangan (4,04), menulis berbatas waktu (4,08), penilaian portofolio (4,02), konsep PBTHM (4,09), kelebihan (4,09), kelemahan (3,44), peluang (4.15), ancaman (3.80), dan kesepakatan tehadap implementasi PBTHM (4.02). Implementasi PBTHM terbukti efektif untuk meningkatkan nilai menulis mahasiswa baik dalam tulisan tangan awal yang asli maupun tulisan komputer yang direvisi oleh mahasiswa dengan kelancaran menulis tinggi dan rendah. Rata-rata skor tulisan tangan awal berwaktu mahasiswa dengan kelancaran menulis tinggi sebelum penerapan PBTHM (X1) adalah 49,5208. Rata-rata skor tulisan tangan awal berwaktu mahasiswa dengan kelancaran menulis rendah sebelum penerapan PBTHM (X2) adalah 63,8125. Rata-rata skor tulisan tangan awal berwaktu mahasiswa dengan kelancaran menulis tinggi setelah penerapan PBTHM (Y1) adalah 75,6597. Rata-rata skor tulisan tangan awal berwaktu mahasiswa dengan kelancaran menulis rendah setelah penerapan PBTHM (Y2) adalah 83,4444. Rata-rata nilai tulisan tangan awal berwktu mahasiswa dengan kelancaran menulis tinggi sebelum penerapan PBTHM (X3) adalah 66,9722. Rata-rata nilai tulisan revisi mahasiswa dengan kelancaran menulis rendah sebelum penerapan PBTHM (X4) adalah 60,6528. Rata-rata nilai tulisan revisi mahasiswa dengan kelancaran menulis tinggi setelah penerapan PBTHM (Y3) adalah 85,0417. Rata-rata nilai tulisan revisi mahasiswa dengan kelancaran menulis rendah setelah penerapan PBTHM (Y4) adalah 81,8472. Studi ini juga menunjukkan bahwa ada interaksi antara penerapan PBTHM dan kelancaran menulis mahasiswa dalam hal skor menulis mereka. Temuan persepsional dan observational menunjukkan hasil evaluasi positif dari perspektif mahasiswa dan oleh karena itu peneliti merekomendasikan agar PBTHM dapat diimplementasikan secara meyakinkan dalam kelas Paragraph Writing di EED UMK.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Portofolio, Berbatas Waktu, Tulisan Tangan, Evaluasi, Implementasi
Subjects: P Language and Literature > PE English
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Inggris, S3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:41
Last Modified: 25 Nov 2024 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65749

Actions (login required)

View Item View Item