HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PERBANDINGAN SOSIAL PADA SISWA SMAN PENGGUNA INSTAGRAM DI KECAMATAN KEMBANGAN JAKARTA BARAT
Adelia Monica Sari, 1301416029 (2022) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PERBANDINGAN SOSIAL PADA SISWA SMAN PENGGUNA INSTAGRAM DI KECAMATAN KEMBANGAN JAKARTA BARAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilandasi fenomena sosial yang terjadi dimana-mana, hampir setiap individu pernah melakukan perbandingan sosial dan salah satu tempat terjadinya perbandingan sosial adalah lingkungan sekolah menengah atas (SMA). Perbandingan sosial berhubungan dengan harga diri dan motivasi berprestasi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial pada siswa SMAN pengguna Instagram di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Populasi penelitian merupakan siswa SMAN di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat berjumlah 2460 siswa. Pengambilan sampel dengan probability sampling menggunakan teknik cluster sampling. Penentuan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5% sehingga didapatkan sampel berjumlah 304 siswa. Alat pengumpul data menggunakan skala harga diri, skala motivasi berprestasi, dan skala perbandingan sosial. Uji validitas menggunakan rumus pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS versi 26.0. Penelitian yang sudah dilakukan memperoleh hasil bahwa perbandingan sosial berada pada kategori sedang, sedangkan harga diri dan motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dengan perbandingan sosial ( β = 0,240, p = 0,000), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (β = 0,105, p = 0,000), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri, motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (R = 0,521, F = 56,005, dan p = 0,000). Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan layanan untuk mempertahankan maupun meningkatkan harga diri dan motivasi berprestasi pada siswa, sehingga siswa dapat menghadapi perbandingan sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari secara lebih positif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | harga diri, motivasi berprestasi, perbandingan sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:27 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65737 |
Actions (login required)
View Item |