IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURSUS PERHOTELAN DAN KAPAL PESIAR DI LPP GRAHA WISATA SEMARANG
Oriza Shavira Arifina, 1201417074 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURSUS PERHOTELAN DAN KAPAL PESIAR DI LPP GRAHA WISATA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu tidak semua orang dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sehingga sebagian masyarakat memilih pendidikan singkat seperti kursus guna menunjang kemampuannya dalam menjalani suatu pekerjaan. Maka dengan alasan inilah lembaga pendidikan non formal berperan penting bagi masyarakat. Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Graha Wisata Semarang menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mendapat bekal di dunia kerja dengan diberikannya skill dan wawasan yang diajarkan instruktur berkompeten di bidangnya. Permasalahan yang didapat ketika membuat penelitian ini ialah implementasi pembelajaran kursus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendorong dan faktor penghambat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kursus perhotelan dan kapal pesiar di LPP Graha Semarang serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup Operational Manager sebagai pengelola, instruktur, dan peserta kursus. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dalam implementasi pembelajaran kursus perhotelan dan kapal pesiar di LPP Graha Wisata terdapat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sementara itu, dapat diketahui faktor pendorong implementasi pembelajaran kursus perhotelan dalam kapal pesiar yang di dalamnya terdapat fasilitas sarana dan prasarana yang cukup memadai. Setelah itu, dapat ditemukan instruktur yang mempunyai pengalaman di bidangnya juga berkompeten. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran, yaitu kurang disiplinnya peserta didik ketika menghadiri pembelajaran serta perbedaan latar belakang yang mempengaruhi penguasaan bahasa asing yaitu Bahasa Inggris. Simpulan penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini ialah, implementasi pembelajaran kursus perhotelan dan kapal pesiar ini harus didukung oleh motivasi peserta didik dalam diri mereka sendiri, disertai dengan sarana prasana yang cukup sehingga nantinya dapat menjadikan keberhasilan bagi peserta didik dalam mendapat pembelajaran kursus. Saran yang diberikan oleh peneliti, ialah mengharapkan agar nantinya penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk evaluasi. Peserta didik juga diharapkan dapat hadir ketika pembelajaran secara tepat waktu, instruktur dimohon untuk dapat meningkatkan kembali motivasi belajar bahasa asing pada peserta didik agar nantinya dapat menunjang kinerja peserta didik dalam dunia perhotelan dan kapal pesiar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Kursus Perhotelan dan Kapal Pesiar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65735 |
Actions (login required)
View Item |