PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH DAN PERSEPSI TERHADAP KETOKOHAN SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX PADA SIKAP SISWA DI MA ASKHABUL KAHFI SEMARANG
Idris Dhzul Qurnain, 3101414046 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH DAN PERSEPSI TERHADAP KETOKOHAN SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX PADA SIKAP SISWA DI MA ASKHABUL KAHFI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran sejarah submateri Sri Sultan Hmengkubuwono IX dan persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada kelas XII MA Askhabul Kahfi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Askhabul Kahfi dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XII yang terdiri dari empat kelas yang diambil masing-masing 20 anak setiap kelas dengan total 80 siswa. Rumus penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sejarah Sri Sultan Hmengkubuwono IX (X1), dan persepsi siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX (X2) serta variabel terikat yaitu sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajarn sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel 4,151>2,72 sehingga H3 berbunyi: “Ada pengaruh positif pembelajaran sejarah dan persepsi dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX”, diterima. Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel pembelajaran sejarah submateri Sri Sultan Hamengkubuwono IX (X1) diperoleh thitung lebih kecil dari ttabel = (-1,009) <1,664 sehingga H1 yang berbuny: “Ada pengaruh positif pembelajaran sejarah dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.”, ditolak. Untuk variabel persepsi siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX (X2) diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel 2,700>1,664, sehingga H2 yang berbunyi “Ada pengaruh positif persepsi dengan sikap terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada siswa.”, diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebesar 7,4% . Secara parsial pengaruh pembelajaran sejarah dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebesar 1,3 % dan pengaruh persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebesar 8,6 %.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap siswa terhadap ketokohan Sri Sultan Hamengkubuwono IX |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:43 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65723 |
Actions (login required)
View Item |