PENGARUH TINGKAT KESADARAN SEJARAH DAN AKTIVITAS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA IT BINA AMAL SEMARANG


Eva Mulia, 3101414026 (2022) PENGARUH TINGKAT KESADARAN SEJARAH DAN AKTIVITAS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA IT BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101414026 - Eva Mulia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Tingkat Kesadaran Sejarah Dan Aktivitas Penggunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah bertujuan untuk memecahkan masalah dan mengefektifkan siswa dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh tingkat kesadaran sejarah yang dimiliki siswa SMA IT Bina Amal Semarang terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh aktivitas penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA IT Bina Amal Semarang; (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis interaksi antara tingkat kesadaran sejarah dan aktivitas penggunaan sumber belajar bersama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran sejarah pada siswa SMA IT Bina Amal Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ex post facto ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA IT Bina Amal Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner (angket) tentang tingkat kesadaran sejarah dan Aktivitas Penggunaan Sumber Belajar dan . Data penelitian dianalisis dengan teknik Regresi dan analisis ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat Kesadaran sejarah Siswa berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA IT Bina Amal dengan Fhitung = 10,364 lebih besar dari Ftabel (4,38) untuk N 21 taraf kesalahan 5%, jadi Fhitung > Ftabel dan Probabilitas (sig)= 0,0045 yang berarti lebih kecil dari taraf sig. 0,05. (2) aktifitas penggunaan sumber belajar sejarah berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA IT Bina Amal, dengan persamaan regresi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Sejarah, Prestasi Belajar, Sumber Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LA History of education
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:41
Last Modified: 18 Nov 2024 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65722

Actions (login required)

View Item View Item