PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TEKS DESKRIPTIF RUMAH ADAT JAWA


Isna Khoirin Nida, 2601416002 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TEKS DESKRIPTIF RUMAH ADAT JAWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601416002 - Isna Khoirin Nida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru, membuat prototipe, dan mengetahui validasi prototipe desain produk media pembelajaran berbasis Aumented Realiy pada materi teks deskriptif rumah adat Jawa. Teks Deskriptif merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Namun tidak sedikit siswa yang kesusahan dalam memahami teks bahasa Jawa, khususnya teks dengan kalimat-kalimat panjang. Dalam memahami teks deskriptif, siswa menggunakan imajinasi mereka untuk menyusun informasi yang disampaikan penulis dalam sebuah karangan. Media pembelajaran yang masih menggandalkan buku cetak sering kali membuat siswa merasa jenuh dan tidak tertarik dengan materi yang disampaikan. Dengan AR siswa dapat lebih mudah dalam memahami setiap bagian rumah adat Jawa melalui gambar 3D yang menampakkan bentuk rumah adat Jawa secara utuh. Pemahaman tersebut dapat membangun imajinasi siswa yang selanjutnya akan disusun kembali menjadi sebuah teks deskripsi yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Menggunakan 5 dari 10 tahap pengembangan Sugiyono yaitu, (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain. Penelitian dan pengambilan data dilakukan di SMA Kebon Dalem Semarang, kelas X. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dari Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa dan ahli media dari Fakultas Teknik. Dari hasil observasi, wawancara, dan penyebaran angket, didapatkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran masih kurang. Siswa cenderung pasif dan kurang responsif terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, siswa juga kesulitan dalam memahami teks yang menggunakan ragam bahasa krama. Media pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Dan masih sedikit dari siswa yang mengetahui teknologi Augmented Reality. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi android Augmented Reality materi teks deskriptif rumah adat Jawa dengan nama Djoglo (Deskripsi Jawa Omah Joglo). Dari validasi ahli media, hasil rata-rata yang didapatkan adalah 3,9 dari 5 dengan persentase 78%. Sedangkan dari validasi ahli materi, hasil rata-rata yang didapatkan adalah 4 dari 5 dengan persentase 80%, menunjukkan pada kategori layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media telah layak secara desain, konsep dan isi materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teks Deskriptif, Media Pembelajaran, Augmented Reality
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:34
Last Modified: 18 Nov 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65719

Actions (login required)

View Item View Item