PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS MATERI HUKUM TERMODINAMIKA SMA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN DARING


Aris Barokah, 0403519024 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS MATERI HUKUM TERMODINAMIKA SMA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN DARING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0403519024 - Aris Barokah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan instrumen evaluasi higher order thinking skill (HOTS) materi hukum termodinamika SMA berbasis CBT pada pembelajaran daring telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas instrumen, respon peserta didik, karakteristik butir soal, dan profil HOTS peserta didik. Model penelitian R&D dengan metode Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah.Software iSpring QuizMaker digunakan dalam pembuatan soal CBT. Uji skala kecil di SMAN 8 Semarang satu kelas, sedangkan uji skala luas dilakukan di SMAN 8 dan SMAN 13 Semarang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data oleh validasi ahli, sedangkan hasil tes menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen dinyatakan layak karena memenuhi syarat sangat valid oleh validasi ahli materi, HOTS, dan bahasa dengan skor rata-rata 95,15%. Berdasarkan uji validitas empiris soal dinyatakan valid dengan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: HOTS, Termodinamika, CBT, Daring
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:41
Last Modified: 18 Nov 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65703

Actions (login required)

View Item View Item