Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N I Weleri Antara yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange Tahun Ajaran 2010/2011


Ika Sulistyowati , 3101407069 (2011) Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N I Weleri Antara yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N I Weleri Antara yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N I Weleri Antara yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Weleri menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ekspositori sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan bekerjasama, berpikir kritis, sikap sosial, serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan dua model pembelajaran kooperatif yaitu Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Weleri yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, (2) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Weleri yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange, (3) menjelaskan perbedaan yang signifikan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Weleri antara yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Rotating Trio Exchange. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Weleri Tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X B sebagai kelas eksperimen I (Snowball Throwing) dan kelas X D sebagai kelas eksperimen II (Rotating Trio Exchange). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre test-Post test Comparisons Groups Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak nilai post test diperoleh harga t hitung (10,2562) > t tabel (1,99), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Sedangkan uji satu pihak diperoleh harga t hitung (10,2562) > t tabel (1,99), yang berarti hasil belajar sejarah kelas eksperimen II lebih tinggi daripada kelas eksperimen I. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Weleri yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing nilai tertinggi (82,5), nilai terendah (57,5), dan rata-ratanya (72,15), (2) hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Weleri yang menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange nilai tertinggi (95), nilai terendah (72,5), dan rata-ratanya (85,56), (3) ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Weleri antara yang menggunakan model Snowball Throwing dengan model Rotating Trio Exchange. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Snowball Throwing (72,15), sedangkan yang menggunakan model Rotating Trio Exchange (85,56).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komparasi, hasil belajar, snowball throwing, rotating trio exchange.
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 01:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item