PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN USAHA HOME INDUSTRI KREATIF (STUDY KASUS TOKO SOUVENIR DUZ CREATIVE SEMARANG)
Elmi Lestari Putri, 7101417022 (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN USAHA HOME INDUSTRI KREATIF (STUDY KASUS TOKO SOUVENIR DUZ CREATIVE SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial merupakan untuk meningkatkan penjualan produk bagi pemilik bisnis. Penggunaan media sosial berkembang sangat pesat di Indonesia, sehingga para pemasar menggunakan media sosial sebagai satu alat pemasaran. Pemasaran produk home industri Duz Creative melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp menjadi dua media sosial yang paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan media social dalam menetapkan strategi harga, strategi produk, strategi promosi dan strategi tempat oleh Toko Souvernir Duz Creative. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Duz Creative memanfaatkan media sosial Instagram dan WhatsApp. Strategi pemasaran secara keseluruhan sudah sangat baik sehingga dapat membawa usahanya dikenal banyak masyarakat dan memiliki banyak pelanggan tetap, serta berhasil mencapai tujuan usahanya mencapai kepuasan pelanggan melalui konsistensi produk yang diberikan. Strategi harga dengan penetapan harga yang digunakan didasarkan pada kepuasan pelanggan dengan cara memberikan kualitas produk yang baik. Strategi produk yang digunakan oleh toko Duz Creative adalah dengan mengutamakan kualitas produk yang diberikan. Strategi promosi yang digunakan toko Duz Creative meliputi dua model promosi adalah promosi secara konvensional dan promosi online. Strategi tempat yang digunakan oleh toko Duz Creative adalah mengutamakan kerapihan Saran dari penelitian ini adalah untuk menarik pelanggan melalui media sosial, perlu menggunakan template untuk gambar setiap postingan agar kualitas gambar menjadi semakin menarik. Dalam setiap konten produk handmade, akan semakin bagus apabila disertakan nama model dan filosofi tema oleh toko Duz Creative.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Strategi Pemasaran, Strategi Harga, Strategi Produk, Strategi Promosi, Strategi Tempat, Duz Creative. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65694 |
Actions (login required)
View Item |