PERSEPSI GURU BAHASA PRANCIS DI SMA SE KOTA SEMARANG TERHADAP KEBIJAKAN RPP 1 LEMBAR
Fadila Rihadatul Fatiha, 2301416042 (2022) PERSEPSI GURU BAHASA PRANCIS DI SMA SE KOTA SEMARANG TERHADAP KEBIJAKAN RPP 1 LEMBAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, terdapat guru yang berperan penting. Untuk mencapai hasil yang sebagaimana diharapkan dalam sistem pendidikan, maka diperlukan guru berkompetensi serta keaktifan siswa, aktivitas pembelajaran didukung fasilitas memadai pada sekolah. Pemerintah terus melakukan inovasi agar menciptakan SDM (sumber daya manusia) berkualitas. Supaya meraih tujuan itu, pemerintah menciptakan konsep pelaksanaan pembelajaran yaitu merdeka belajar. Kebijakan merdeka belajar ini mempunyai tujuan untuk memaksimalkan peran guru dalam proses pendidikan. Menurut Uno (2008:25) keberhasilan dari suatu kurikulum yang hendak dicapai sangat bergantung pada faktor kemampuan yang dimiliki oleh guru. Sedangkan Yamin (2007:50) mengatakan bahwa guru berperan sebagai pengontrol kualitas belajar dari awal hingga akhir pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam rangka mewujudkan ketercapaian kurikulum itu, satu dari sekian unsurnya ialah RPP atau dikenal juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dikeluarkannya surat edaran mentri pendidikan dan kebudayaan no. 14 tahun 2019 yang berisi tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembalajaran (RPP) menjadi 1 lembar, sehingga terdapat perberbedaan dalam menyusun RPP, hal tersebut yang menjadi latar belakang dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru bahasa Prancis SMA di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah persepsi guru bahasa Prancis SMA di Kota Semarang terhadap kebijakan RPP 1 lembar. Populasi pada penelitian ini adalah guru Bahasa Prancis SMA di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan instrument angket sebagai metode pengumpulan data yang terdiri dari 16 pertanyaan dengan 4 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru bahasa Prancis SMA di Kota Semarang terhadap kebijakan RPP 1 lembar tergolong dalam kategori Baik. Dapat diartikan bahwa guru bahasa Prancis SMA di Kota Semarang menilai bahwa kebijakan RPP 1 lembar adalah kebijakan yang tepat. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengolahan data keseluruhan skor adalah 432.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, RPP 1 Lembar, Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > perceptions of teachers L Education > L Education (General) > Performance of Teachers P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65692 |
Actions (login required)
View Item |