ANALISIS PREFERRED REPORTING ITEMS FOR SYSTEMATIC REVIEWS AND META-ANALYSES (PRISMA) MENGENAI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA


Kurnia Dwi Rahayu, 4301417091 (2022) ANALISIS PREFERRED REPORTING ITEMS FOR SYSTEMATIC REVIEWS AND META-ANALYSES (PRISMA) MENGENAI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301417091  - Kurnia Dwi Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah hasil belajar siswa yang meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model pembelajaran yang sudah pernah dipublikasikan jurnal terpilih, mengetahui effect size dari masing - masing model pembelajaran, merekomendasikan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis PRISMA menggunakan perhitungan Effect Size dan metode kualitatif dengan menggunakan Coding. Hasil analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran yang pernah diteliti oleh peneliti dan dipublikasikan pada jurnal terpilih pada artikel tahun 2015-2020 adalah model pembelajaran active learning, inkuiri terbimbing, problem based learning (PBL), model pembelajaran berpikir kritis, inkuiri cycle learning, dan model pembelajaran virtual learning. Hasil analisis kuantitatif diperoleh 9 model pembelajaran yang memiliki nilai interpretasi tinggi (>1) meliputi: 2 artikel model pembelajaran PBL; 3 artikel model pembelajaran cooperative learning; model pembelajaran oriented guided inquiry learning memiliki; model pembelajaran scientific approach dengan mind mapping; model pembelajaran creative problem solving; dan model pembelajaran problem solving. Model pembelajaran yang direkomendasikan adalah model pembelajaran cooperative learning (learning cycle 7E) dan model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PRISMA, Model pembelajaran, Hasil Belajar, Effect Size
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:55
Last Modified: 15 Nov 2024 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65680

Actions (login required)

View Item View Item