PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) BERBASIS RISET UNTUK SISWA SMA


Amalia Ulfa, 4401417048 (2022) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) BERBASIS RISET UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401417048 - Amalia Ulfa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan NAPZA merupakan masalah yang tidak bisa dibiarkan begitu saja di kalangan masyarakat dewasa, remaja, maupun anak-anak. Di Kabupaten Demak masih ditemukan kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba pada tahun 2020 dengan 27 kasus dan diantaranya terdapat 30 tersangka yaitu 24 laki-laki, 1 perempuan, dan 5 anak-anak. Pengetahuan mengenai bahaya penggunaan NAPZA tersebut seharusnya bisa didapatkan oleh siswa melalui pembelajaran, khususnya mata pelajaran biologi pada KD 3.11 dan KD 4.11 di SMA kelas XI. Akan tetapi, bahan ajar yang digunakan masih bersifat teoritis dan mengedepankan aspek kognitif saja, sehingga diperlukan pendukung tambahan bahan ajar dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam mempelajari materi NAPZA diperlukan bahan ajar tambahan untuk menunjang proses pembelajaran agar kemampuan siswa berkembang secara optimal dan menerima informasi penelitian terkini. Suplemen bahan ajar diintegrasikan dengan hasil riset NAPZA sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi secara mendalam dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, karakteristik, dan kelayakan suplemen bahan ajar pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menurut Sugiyono dengan langkah-langkah langkah-langkah (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produksi akhir.Subjek pada penelitian ini melibatkan 2 guru biologi dan 35 siswa untuk uji kelayakan. Objek penelitian terdiri dari uji validitas, dan uji kelayakan. Metode pengumpulan data berupa angket validasi materi dan media, angket respon guru dan siswa Hasil penelitian menunjukan bahwa uji validitas materi memperoleh persentase 89% dengan kriteria sangat valid, uji validitas media memperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat valid, hasil tanggapan guru menunjukan hasil 91,6% dengan kriteria sangat layak, respon siswa menunjukan hasil 89% dengan kriteria sangat layak. Simpulan dari penelitian ini adalah suplemen bahan ajar NAPZA berbasis riset valid, memiliki karakteristik yaitu pada bagian isi suplemen berupa hasil riset serta tampilan yang sistematis sehingga mampu menarik perhatian siswa, dan layak digunakan sebagai bahan ajar materi NAPZA pada kelas XI SMA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, NAPZA, Suplemen Bahan Ajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:41
Last Modified: 15 Nov 2024 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65673

Actions (login required)

View Item View Item