VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD (TCM)


Aji Riskiyawan, 7111417046 (2022) VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD (TCM). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111417046 - Aji Riskiyawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat penting untuk dikembangkan karena kontribusinya yang cukup besar bagi perekonomian. Pantai Menganti menjadi salah satu objek wisata yang berkembang cukup pesat di Kabupaten Kebumen mengalahkan objek wisata lainnya. Pengembangan objek wisata Pantai Menganti yang merupakan barang publik perlu adanya informasi yang cukup mengenai objek wisata itu sendiri, salah satunya informasi mengenai nilai ekonomi Pantai Menganti. Metode yang digunakan untuk mengestimasi nilai ekonom yaitu Travel Cost Method (TCM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda data cross section. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh 100 responden yang merupakan wisatawan di Pantai Menganti. Perhitungan valuasi ekonomi dilakukan menggunakan metode biaya perjalanan individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biaya perjalanan, tingkat pendapatan, dan jarak tempuh berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Menganti. Variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Menganti. surplus konsumen yang diterima oleh wisatawan sebesar Rp. 615.887 yang artinya manfaat yang diterima oleh wisatawan jauh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan untuk berkunjung ke Pantai Mengnati. Nilai ekonomi objek wisata Pantai Menanti dalam penelitian ini yaitu sebesar Rp. 536.367.000.000. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu dengan menambah fasilitas di objek wisata Pantai Menganti, memperbaiki akses baik akses jalan ke Pantai Menganti maupun akses informasi mengenai objek wisata melalui sosial media. Surplus konsumen yang cukup tinggi harus tetap dijaga dengan meningkatkan pelayanan kepada wisatawan supaya manfaat yang diterima oleh wisatawan lebih besar lagi. Pengelola objek wisata Pantai Menganti juga harus mampu menjaga kualitas lingkungan pantai supaya objek wisata ini dapat dinikmati manfaatnya di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Valuasi Ekonomi, Travel Cost Method, Surplus Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:31
Last Modified: 15 Nov 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65668

Actions (login required)

View Item View Item