ANALISIS RAGAM BAHASA JEPANG BERDASARKAN KONSEP UCHI-SOTO DALAM DRAMA HANZAWA NAOKI


Melinia Nur Fitriana, 2302417024 (2021) ANALISIS RAGAM BAHASA JEPANG BERDASARKAN KONSEP UCHI-SOTO DALAM DRAMA HANZAWA NAOKI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302417024 - Melinia Nur Fitriana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Orang Jepang dalam berinteraksi cenderung akan menempatkan diri mereka dalam kelompok sosial (uchi-soto). Uchi merujuk pada satu rumah, satu kelompok, atau keluarga sendiri. Hal ini kontras dengan soto dimana merujuk pada rumah orang lain, kelompok lain atau keluarga orang lain. Penelitian ini membahas mengenai ragam bahasa Jepang berdasarkan konsep uchi-soto dalam drama Hanzawa Naoki. Latar utama drama tersebut yang merupakan lingkungan kerja membuat konsep uchi-soto sangat mempengaruhi para tokoh dalam berkomunikasi. Pentingnya mempelajari konsep uchi-soto akan muncul ketika terjadi kesalahpahaman karena kurangnya pemahaman ketika berinteraksi dengan orang Jepang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai referensi ragam bahasa Jepang dengan konsep uchi-soto sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata sesuai situasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman saat berkomunikasi antara penutur dan lawan tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam bahasa Jepang berdasarkan konsep uchi-soto dalam drama Hanzawa Naoki dan untuk mengetahi faktor yang melatarbelakangi penggunaan ragam bahasa berdasarkan konsep uchi dan soto tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Drama Hanzawa Naoki episode 1-5. Data yang digunakan adalah semua kalimat dalam percakapan yang menggunakan ragam bahasa berdasarkan konsep uchi-soto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kontekstual untuk mengkaji data-data yang didapat berdasarkan konteks eksternal yang melingkupinya, baik konteks, situasi, maupun kultural atau budaya. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 98 data tuturan berdasarkan konsep uchi-soto. Ditemukan 69 data tuturan dalam konsep uchi, 36 data menggunakan ragam futsuugo dan 33 menggunakan ragam keigo. Sedangkan untuk tuturan dalam konsep soto ditemukan 29 data tuturan, 7 data menggunakan ragam futsuugo dan 22 menggunakan ragam keigo. Hal tersebut dipengaruhi keanggotaan kelompok, status sosial, usia, dan situasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor status sosial dan situasi merupakan faktor yang paling mempengaruhi penggunaan ragam bahasa berdasarkan konsep uchi-soto oleh penutur dalam drama Hanzawa Naoki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ragam Bahasa Jepang, Konsep uchi-soto, Drama Hanzawa Naoki
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:27
Last Modified: 15 Nov 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65664

Actions (login required)

View Item View Item