HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK


Leni Lestari, 1401417070 (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417070 - Leni Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak adalah penggunaan media visual dan motivasi belajar. Penggunaan media visual dan motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan media visual yang baik dan motivasi belajar yang tinggi dapat meningkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menguji hubungan antara penggunaan media visual dengan hasil belajar PPKn; menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn; menguji hubungan antara penggunaan media visual dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 113 siswa kelas V di SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media visual dengan hasil belajar PPKn diperoleh nilai koefisien korelasi 0,694 dalam kriteria kuat dan kontribusi penggunaan media visual dengan hasil belajar siswa sebesar 48,1% dan sisanya 51,9% dipengaruhi oleh faktor lain; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn diperoleh nilai koefisien korelasi 0,724 dalam kriteria kuat dan kontribusi motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa sebesar 54,2% dan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media visual dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn diperoleh nilai koefisien korelasi 0,760 dalam kriteria kuat dan kontribusi penggunaan media visual dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 57,8% dan sisanya 42,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media visual dan motivasi dengan hasil belajar PPKn. Saran bagi sekolah dan guru untuk lebih meningkatkan dan memperhatikan penggunaan media media visual dalam pembelajaran PPKn, sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar dan hasil belajar yang diperoleh optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media visual; hasil belajar PPKn; motivasi belajar;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:20
Last Modified: 15 Nov 2024 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65661

Actions (login required)

View Item View Item