KEPEKAAN SOSIAL ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGASUHAN NENEK (STUDI DI PAUD AL-MADAN


Dwi Susanti, 1601416044 (2021) KEPEKAAN SOSIAL ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGASUHAN NENEK (STUDI DI PAUD AL-MADAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601416044 - Dwi Susanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepekaan Sosial Anak Usia Dini Ditinjau dari Pengasuahan Nenek di PAUD AL-MADANI. Fokus penelitian ini ialah empati, organizational awareness, dan service orientation anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di PAUD AL-MADANI Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, dengan melibatkan informan yaitu tiga nenek dan tiga guru PAUD AL-MADANI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian keabsahan data diperoleh dari triangulasi. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa Kepekaan Sosial Anak Usia Dini Ditinjau dari Pengasuhan Nenek studi kasus di PAUD AL-MADANI memiliki kepekaan sosial meliputi: 1) Empati anak sudah berkembang dengan baik hal ini ditunjukkan dengan kesadaran diri membantu teman saat mengalami kesulitan serta bertanya terlebih dahulu guna menghargai keputusan teman, 2) organizational awareness anak ditunjukkan dengan mengakui kesalahan serta meminta maaf guna tetap tercipta suasana yang nyaman bagi kelompok, 3) service orientation ditunjukkan dengan berbagi makanan antar teman dilingkungan anak. Dari tiga kompetensi kepekaan sosial, dua anak memiliki kompetensi kepekaan sosial yang sudah berkembang secara optimal. Sedangkan satu anak belum berkembang secara optimal. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kepekaan sosial anak usia dini ditinjau dari pengasuhan nenek memiliki kepekaan sosial yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Adapun saran berupa Stimulasi kepekaan sosial pada anak usia dini membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, baik orang tua maupun sekolah. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam meluangkan waktu untuk anak dapat berdampak pada kepekaan sosial anak yang kurang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepekaan Sosial, Anak Usia Dini, Pengasuhan Nenek
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:51
Last Modified: 15 Nov 2024 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65645

Actions (login required)

View Item View Item