PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PREZI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MUPEL IPS KELAS V MI SUNNIYYAH 1 SELO KABUPATEN GROBOGAN
Muhamad Adip Prajoko Utomo, 1401418089 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PREZI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MUPEL IPS KELAS V MI SUNNIYYAH 1 SELO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di MI Sunniyyah 1 Selo terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan hasil belajar yang masih rendah dan media yang digunakan masih terbatas yaitu media gambar, buku guru dan buku siswa serta belum maksimal penggunaannya dalam pembelajaran sehingga belum maksimal dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning pada muatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengambangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Sunniyyah 1 Selo sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning, sangat layak digunakan dengan peresentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 91,67%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 94,12% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 89,06%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi karakteristik kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya kelas V MI Sunniyyah 1 Selo. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran aplikasi prezi dengan model problem based learning pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prezi; Problem Based Learning; Hasil Belajar; IPS |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:29 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |