HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS H.O.S COKROAMINOTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL PADA MASA PANDEMI


Tasya Labella Rizqi, 1401417419 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS H.O.S COKROAMINOTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL PADA MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417419 - Tasya Labella Rizqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk membentuk bangsa yang maju dengan jalan pengembangan potensi diri peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan wali kelas IV SD Kebumen 01 dan SD Kalibogor didapati fakta bahwa beberapa siswa kurang aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran IPS di masa pandemi. Secara implisit, motivasi belajar dapat memberikan perubahan positif pada peserta didik yang arah perubahannya dapat berbeda sesuai dengan karakteristik peserta didik salah satunya adalah kemandirian. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, peserta didik membutuhkan adanya motivasi serta kemandirian belajar demi mencapai hasil belajar yang baik. Penelitian ini berusaha untuk menguji apakah ada hubungan yang poitif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SD di Gugus H.O.S Cokroaminoto di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan variabel motivasi berpengaruh sebesar 9% dan variabel kemandirian berpengaruh sebesar 15,7% terhadap variabel hasil belajar IPS. Sedangkan berdasarkan pada tabel Model Summary didapatkan nilai R Square sebesar 0.163 yang berarti variabel motivasi dan kemandirian berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dengan presentase sebesar 16,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus H.O.S Cokroaminoto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal pada masa pandemi. Dari penelitian ini diharapkan sekolah dapat meningkatkan kerja sama antara guru dengan orang tua siswa untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan perkembangan belajar siswa di masa pandemi sebagai usaha mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:22
Last Modified: 15 Nov 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65627

Actions (login required)

View Item View Item