PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS NAKULA SADEWA KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA


Elisa Nur Yunitasari, 1401417188 (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS NAKULA SADEWA KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417188 - Elisa Nur Yunitasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar, motivasi belajar, dan self efficacy merupakan faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan data pra�penelitian melalui wawancara dan observasi, siswa memiliki minat belajar yang rendah, kurangnya motivasi belajar, dan self efficacy siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji pengaruh antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Nakula Sadewa Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara; (2) menguji pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Nakula Sadewa Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara; (3) menguji pengaruh antara self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Nakula Sadewa Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara; (4) menguji pengaruh antara minat belajar, motivasi belajar, dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Nakula Sadewa Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik sampel area/daerah berjumlah 162 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat diantaranya uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastitas dan autokorelasi. Setelah data memenuhi prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, regresi linier ganda, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,557 pada kategori sedang dan berkontribusi sebesar 31,1%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,676 pada kategori kuat dan berkontribusi sebesar 45,7%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,622 pada kategori kuat dan berkontribusi sebesar 38,7%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, dan self efficacy secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,770 pada kategori kuat dan berkontribusi sebesar 58,3%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri di Gugus Nakula Sadewa Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Saran guru hendaknya menumbuhkan minat belajar, motivasi belajar, dan self efficacy sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, motivasi belajar, self efficacy, dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:13
Last Modified: 15 Nov 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65621

Actions (login required)

View Item View Item