FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL SEKTOR MANUFAKTUR


HANIFA HUMANISA, 7211417069 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL SEKTOR MANUFAKTUR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417069 - Hanifa Humanisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transfer pricing merupakan sebuah penentuan harga atas barang, jasa, finansial, maupun harta tidak berwujud lainnya pada transaksi antara perusahaan yang berafiliasi atau memiliki hubungan istimewa. Transfer pricing diperbolehkan untuk dilakukan selama masih dalam bingkai perpajakan. Namun, transfer pricing yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan perpajakan dapat menimbulkan kerugian negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multinationality, sales growth, leverage, profitabilitas, exchange rate, komisaris independen terhadap praktik transfer pricing pada perusahaan multinasional sektor manufaktur. Populasi perusahaan pada penelitian ini berupa seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2016 sampai 2020, yaitu berjumlah 161 perusahaan. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh 22 perusahaan dengan jumlah unit analisis sebanyak 110. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS Ver.21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multinationality dan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap transfer pricing. Leverage berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sedangkan sales growth, profitabilitas, dan exchange rate tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel multinationality, leverage dan komisaris independen terbukti berpengaruh terhadap transfer pricing sedangkan variabel sales growth, profitabilitas, dan exchange rate tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Saran dari penelitian ini yaitu penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan proksi lain untuk mengukur variabel transfer pricing, seperti menggunakan RPTAL atau RPTSE serta menggunakan pengukuran sales growth dengan memperhatikan jenis dan ukuran perusahaan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: transfer pricing, multinationality, sales growth, leverage, profitabilitas, exchange rate, komisaris independen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:10
Last Modified: 15 Nov 2024 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65620

Actions (login required)

View Item View Item