PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERGAMBAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 02 JONGGRANGAN KABUPATEN KLATEN


Hidiyah Istiqomah Al Muslimah, 1401417120 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERGAMBAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 02 JONGGRANGAN KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417120 - Hidiyah Al Muslimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 02 Jonggrangan melalui observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA, salah satunya terkait dengan keterabatasan sumber belajar yang kurang memadai serta inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning, bagaimana kelayakan bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning, serta bagaimana kefektifan bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dari bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning, menguji kelayakan dari bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning, serta menguji kefektivan bahan ajar elektronik bergambar berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi 5 tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan bahan ajar dibuktikan dari penilaian ahli materi dengan presentase 76% dan 80% dari ahli media. Selain itu, tanggapan dari siswa pada uji coba produk kelompok kecil dan besar memperoleh presentase berurutan sebesar 86% dan 86% serta 81% dan 86% dari tanggapan guru. Kefektifan bahan ajar diketahui pada uji coba produk kelompok kecil dan besar diperoleh hasil uji normalitas berurutan sighitung = 0,960 < 0,05 dan sighitung = 0,123 < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum dengan sesudah menggunakan bahan ajar. peningkatan rata-rata hasil belajar pada uji coba produk kelompok kecil dan besar berurutan sebesar 26,67 dan 26,8, sehingga dalam kedua uji coba tersebut memperoleh kriteria sedang. Hasil t-test uji perbedaan rata-rata pre test dan post test pada kelompok kecil, yang menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil data pre test dan post test. Hasil t-test uji perbedaan rata-rata pre test dan post test pada kelompok besar, yang menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil data pre test dan post test. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran discovery learning, yang memiliki 6 tahapan pembelajaran. Sehingga bahan ajar layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran serta memiliki dampak pada peningkatan hasil belajar. Adapun saran pada penelitian ini yaitu guru termotivasi untuk mengembangkan bahan ajar dengan memperhatikan Kompetensi dan Indikator pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Discovery Learning; Sumber Belajar; IPA
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:09
Last Modified: 15 Nov 2024 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65619

Actions (login required)

View Item View Item