PENGARUH MINAT, EFIKASI DIRI, DAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Kiranti Febrianti, 7101417002 (2022) PENGARUH MINAT, EFIKASI DIRI, DAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa jurusan kependidikan idealnya harus memiliki kesiapan menjadi guru. Kesiapan yang dimaksud yaitu keseluruhan kondisi mahasiswa untuk menjadi seorang guru dimana sikap itu memuat mental, kemampuan dan sikap yang harus dimiliki serta dipersiapkan selama mahasiswa menjadi guru. Berdasarkan data tracer study di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menunjukkan bahwa lulusan mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi memiliki berbagai pekerjaan seperti pegawai bank, dunia industri, koperasi dan guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh minat, efikasi diri dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 terhadap kesiapan menjadi guru memberikan pengaruh parsial sebesar 12,99%. Efikasi diri memberikan pengaruh parsial sebesar 15,20%. Praktik pengalaman lapangan memberikan pengaruh parsial sebesar 19,81%. Kesimpulan penelitian ini adalah minat, efikasi diri dan praktik pengalaman lapangan berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Saran dalam penelitian ini yaitu mahasiswa harus siap menjadi guru dengan selalu mengikuti perkembangan tugas-tugas menjadi guru yang dibarengi dengan keyakinan atas kemampuan yang dimiliki serta terus berlatih atau mencari pengalaman yang luas agar memiliki kesiapan yang matang untuk menjadi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Efikasi Diri, Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HG Finance |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:58 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65600 |
Actions (login required)
View Item |