BOLA KARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR


ZUSROTUN NI’MAH, 6301417102 (2022) BOLA KARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301417108  - ZUSROTUN NI’MAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah proses mengembangkan potensi peserta didik. Di masa pandemi COVID-19 yang melanda dunia, menimbulkan permasalahan dalam dunia pendidikan, salah satunya pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini menentukan dan meningkatkan hasil belajar siswa SDN 03 Surokonto Kulon pada bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode Project Based Learning. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes kognitif, lembar afektif dan lembar psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 14%, pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa sebesar 93%, dan hasil belajar siklus I ke siklus II meningkat sebesar 79%. . Kesimpulannya menyatakan bahwa pengolahan pembelajaran penjasorkes dengan menggunakan media bola karet dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar. Saran yang dapat disampaikan adalah: bola karet dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sebagai inovasi pembelajaran dan bahan ajar untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Permainan Bola Karet, Project Based Learning, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:50
Last Modified: 14 Nov 2024 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65597

Actions (login required)

View Item View Item