SURVEI SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMAN 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA TAHUN 2021


VITTARY AWANDA PUSPITANINGRUM, 6101417120 (2022) SURVEI SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMAN 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA TAHUN 2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101417120 - Vittary Awanda Puspitaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakikutsertaan beberapa siswa dari masing-masing kelas di kelas X di SMAN 1 Ngawen dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada masa pandemi covid-19 yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa siswa tidak disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran. Fokus permasalahan yaitu mengetahui sikap sosial siswa kelas X melalui pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMAN 1 Ngawen Kabupaten Blora Tahun 2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran belajar penjasorkes terhadap sikap sosial siswa kelas X SMAN 1 Ngawen di Kabupaten Blora pada masa covid�19 saat ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Ngawen di Kabupaten Blora Tahun 2021. Sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta kuesioner. Analisis data dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian sikap sosial siswa melalui pembelajaran penjasorkes di SMAN 1 Ngawen Kabupaten Blora dalam penilaian wali kelas terhadap sikap meliputi sikap disiplin, kerjasama, tanggungjawab, menghargai, kejujuran, percaya diri, dan toleransi pada kelas X Mipa 3 yang termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 27,78% (10 siswa), pada kategori baik 72,22% (26 siswa), sedangkan kelas X Mipa 5 yang termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 15,97% (6 siswa), pada kategori baik sebesar 84,02% (30 siswa), pada kelas X Ips 1 yang termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 16,18% (6 siswa), pada kategori baik sebesar 83,82% (28 siswa), dan pada kelas X Ips 3 yang termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 17,14% (6 siswa), pada kategori baik sebesar 82,86% (29 siswa). Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa sebagian besar siswa Kelas X di SMAN 1 Ngawen telah mampu menerapkan beberapa aspek dalam berkehidupan sosial melalui pembelajaran online sesuai dengan penilaian wali kelas terhadap sikap meliputi sikap disiplin, kerjasama, kejujuran, saling menghargai, tanggung jawab, percaya diri, dan toleransi yang terdapat di dalam aspek penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan jurnal dengan kategori baik. Untuk siswa yang termasuk dalam kategori cukup perlu ikut bekerjasama dan tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran serta berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran terlebih pada pembelajaran daring yang berlangsung selama pandemi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:36
Last Modified: 14 Nov 2024 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65590

Actions (login required)

View Item View Item