ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL SEMARANG PADA STUDI KASUS PERUMAHAN SRONDOL BUMI INDAH SEMARANG


Khusna Amalina Agustin, 5101417028 (2021) ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA MOEDAL SEMARANG PADA STUDI KASUS PERUMAHAN SRONDOL BUMI INDAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 510147028 - Khusna Amalina Agustin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk Kota Semarang khususnya di Perumahan Srondol Bumi Indah berdampak pada meningkatnya kebutuhan air bersih tiap tahun. Salah satu pengelola pelayanan air bersih untuk kebutuhan masyarakat Perumahan Srondol Bumi Indah dilaksanakan oleh Perumda Air Minum Tirta Moedal. Adapun cakupan pelayanan yang harus dipenuhi oleh Perumda Air Minum secara kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan aspek teknis lainnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk: (1) mengetahui kebutuhan air bersih di Srondol Bumi Indah 2020, (2) mengetahui prediksi kebutuhan air bersih 10 tahun yang akan datang di Srondol Bumi Indah, serta (3) mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di Srondol Bumi Indah terkait pelayanan yang diberikan Perumda Air Minum. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan penelitian kuantitatif. Dalam mendapatkan data primer yang ada di Perumahan Srondol Bumi Indah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Untuk data sekunder dari Perumda Air Minum menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis peneliti, didapatkan bahwa: (1) kebutuhan air bersih di Srondol Bumi Indah tahun 2020 sebesar 204 L/O/H yang artinya penduduk Srondol Bumi Indah cukup boros dalam menggunakan air, (2) kebutuhan air bersih tahun 2030 dengan target cakupan sebesar 100%, adalah 1,65 l/dt atau 172,5 L/O/H, (3) menurut pendapat masyarakat perumahan Srondol Bumi Indah, air yang diterima memenuhi 77% standar kualitas air bersih, untuk kuantitas air bersih yang diterima mencapai 80%, sedangkan kontinuitas air bersih selama 24 jam dalam seminggu mencapai 76%, untuk aspek teknis mencapai 67% dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Perumda Air Minum ditinjau dari seluruh aspek mencapai 50% dari 100% layanan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan air bersih, pertumbuhan penduduk, pelayanan Perumda
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:00
Last Modified: 14 Nov 2024 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65582

Actions (login required)

View Item View Item