PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL


Muh. Ferry Setiawan, 5302414032 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302414032 - Muh ferry setiawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan Pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan model pembelajaran secara online. Hal itu menimbulkan gejala baru bagi siswa yang dahulu melaksanakan sistem belajar tatap muka, tapi sekarang harus secara online. Siswa harus siap belajar mandiri namun dituntut untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh motivasi belajar siswa dan model pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis statistika. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling dengan sampel dari dua sekolah yaitu SMK Negeri 2 Kendal dan SMK Negeri 4 Kendal yang berjumlah 103 siswa. Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai R Square 0,070 atau 7%. Uji parsial motivasi belajar diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,311 > 1,983 dan nilai sig. 0,023 < 0,05, artinya motivasi belajar siswa berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Uji parsial model pembelajaran online diperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu 1.835 < 1,983 dan nilai sig. 0,069 > 0,05, artinya model pembelajaran online tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai. Serta nilai F hitung > F tabel 3.783 > 3,09 dan nilai sig. 0,026 < 0,05 yang artinya motivasi belajar dan model pembelajaran online secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Online, Prestasi Belajar, SMK Negeri Se-Kabupaten Kendal
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:27
Last Modified: 14 Nov 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65569

Actions (login required)

View Item View Item