PENGARUH GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS RUAS JALAN KUDUS – PATI KM 7+500 - KM 11+000)


Muh Beni Syamsuddin Luqman, 5111417042 (2022) PENGARUH GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS RUAS JALAN KUDUS – PATI KM 7+500 - KM 11+000). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111417042 - Muh Beni Syamsuddin Luqman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang sulit untuk diprediksi kapan dan dimana kejadiannya kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan jalan, serta interaksi dan kombinasi dua atau lebih faktor tersebut hubungan lebar jalan, kelengkungan, dan kecepatan memberikan efek besar terjadinya kecelakaan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh geometrik jalan dengan tingkat kecelakaan lalu lintas khususnya di ruas jalan Kudus - Pati KM 7+500 – KM 11+000. Desain penelitian termasuk jenis korelasional dengan metode kuantitatif. Langkah penelitian terdiri (1) Perumusan Masalah, (2) Penetapan Tujuan, (3) Pengumpulan Data, (4) Pengolahan Data, (5) Analisis Data dan (6) Kesimpulan dan Saran. Analisis menggunakan model regresi multivariat dengan menguji pengaruh hasil nilai EAN dihubungkan dengan panjang segmen, jari-jari tikungan,dan kecepatan rata-rata. Hasil analisis daerah rawan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Kudus – Pati KM 7+500 – KM 11+000 didapat lokasi rawan kecelakaan (Black Spot) terletak pada segmen KM 7+500 – KM 9+200 dengan melihat perhitungan nilai EAN sebesar 375. Hasil analisis model regresi multivariat terdapat pengaruh antara variabel panjang segmen (X1), jari-jari tikungan (X2), dan kecepatan rata-rata (X3) dengan variabel nilai EAN (Y) dengan menggunakan analisis model regresi multivariat dengan bantuan aplikasi Ms.Excel didapat hasil analisis sebagai berikut : Persamaan model regresi multivariat dengan hasil persamaan adalah Y = 1374,114 – 0,1901 (X1) – 21,6065 (X2)+ 30,20312 (X3), dengan hasil determinasi (R2 ) sebesar 1 atau 100% yang berarti variabel panjang segmen (X1), jari-jari tikungan (X2) dan kecepatan rata-rata (X3) berpengaruh sangat besar terhadap nilai EAN (Y).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panjang segmen, jari-jari tikungan, kecepatan rata-rata , nilai EAN, model regresi multivariat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:53
Last Modified: 14 Nov 2024 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65552

Actions (login required)

View Item View Item