PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN


Diyah Ayu Rahmatika Setyo Fibriani 4401418095, 4401418095 (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401418095 - Diyah Ayu Rahmatika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018, materi sistem pencernaan terletak pada kompetensi dasar 3.7 dan 4.7 yang menekankan kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi MA PPKP Darul Ma'la, beberapa siswa mengalami kesulitan memahami materi sistem pencernaan. Guru mengungkapkan bahwa kemampuan analisis dan keterampilan proses sains belum banyak dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu, pembelajaran perlu menggunakan model yang menyesuaikan kompetensi dasar pada materi sistem pencernaan seperti Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan. Desain penelitian merupakan Quasi Experimental. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIA 2 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan perhitungan ketuntasan klasikal, rata-rata n-gain, aspek kemampuan analisis, rata-rata nilai dan aspek keterampilan proses sains. Ketuntasan klasikal di kelas eksperimen lebih besar daripada di kelas kontrol. Terdapat peningkatan kemampuan analisis di kelas eksperimen ditandai kategori sedang pada perhitungan n-gain. Kemampuan analisis saat posttest untuk aspek membedakan dan mengorganisasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama dalam kriteria baik, serta aspek mengatribusi kelas eksperimen (kriteria sangat baik) lebih besar dari kelas kontrol (kriteria baik). Pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan proses sains di kelas eksperimen ditandai kategori sangat baik pada perhitungan rata-rata nilai keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains untuk aspek merencanakan percobaan di kelas kontrol dan di kelas eksperimen sama-sama dalam kriteria baik, aspek melaksanakan percobaan di kelas kontrol dan di kelas eksperimen sama-sama dalam kriteria baik sekali, aspek menggunakan alat/ bahan di kelas eksperimen (kriteria baik sekali) lebih besar dari kelas kontrol (kriteria baik), aspek mengamati di kelas eksperimen (kriteria baik sekali) lebih besar dari kelas kontrol (kriteria baik), aspek menerapkan konsep di kelas eksperimen (kriteria baik sekali) lebih besar dari kelas kontrol (kriteria baik), aspek melakukan komunikasi di kelas eksperimen (kriteria baik sekali) lebih besar dari kelas kontrol (kriteria baik). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan analisis siswa pada materi sistem pencernaan di Kelas XI MA PPKP Darul Ma'la. Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan di Kelas XI MA PPKP Darul Ma'la

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan analisis, keterampilan proses sains, Problem Based Learning, sistem pencernaan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:52
Last Modified: 14 Nov 2024 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65551

Actions (login required)

View Item View Item