PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK


Cahyo Sejati, 5202414090 (2021) PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202414090 - Cahyo sejati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan alat peraga sistem rem hidrolik sepeda motor untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode model ADDIE. Desain uji coba penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan one group experimental model pretest-posttest. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan instrumen tes. Berdasarkan data hasil dari validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 80% dengan kategori “layak” dan untuk rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 91,3% dengan kategori “layak”. Perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media ditunjukan dari hasil uji t dengan rata-rata nilai pretest 55,06 dan rata-rata nilai posttest 75,46. Berdasarkan uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi 0,00, karena nilai signifikansi <0,05 disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah mengggunakan peraga. Peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan alat peraga ditunjukkan dari hasil uji n gain sebesar 0,466 dengan interpretasi peningkatan sedang.. Maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Pembelajaran Sitem Rem Hidrolik Sepeda Motor
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:30
Last Modified: 14 Nov 2024 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65543

Actions (login required)

View Item View Item