Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 23 Semarang dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Segitig


Retno Sulistiowati , 4101406060 (2011) Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 23 Semarang dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Segitig. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 23 Semarang dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Segitig]
Preview
PDF (Pengaruh Sikap dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 23 Semarang dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Segitig) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar peserta didik di SMP N 23 Semarang masih rendah. Hasil belajar matematika kemungkinan dipengaruhi oleh sikap dan motivasi belajar peserta didik. Sikap dan motivasi belajar peserta didik SMP N 23 Semarang dalam pelajaran matematika pun masih rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana peserta didik dengan kemampuan individualnya masing-masing bekerja sama di dalam kelompok kecil dengan kemampuan yang berbeda. Dengan model pembelajaran TAI ini dapat membangun sikap belajar kelompok dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Alat peraga digunakan untuk lebih memudahkan peserta didik dalam memahami konsep tentang materi segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan sikap dan motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik. Dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh sikap dan motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Semarang. Teknik samplingnya adalah random sampling diperoleh ukuran sampel 36 peserta didik. Variabel bebasnya adalah sikap dan motivasi belajar peserta didik, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengukur sikap dan motivasi belajar peserta didik dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang sebelumnya telah diujicobakan dan dianalisis. Hasil skor angket dan nilai hasil belajar di analisis melalui analisis regresi linier ganda. Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi . Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa regresi linear ganda berarti, koefisien korelasi ganda berarti, dan koefisien regresi linear ganda berarti. Maka model regresi linear ganda dapat digunakan untuk mengukur dan membuat kesimpulan. Jadi terdapat pengaruh positif antara sikap dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar. Persentase pengaruhnya adalah 57,2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap peserta didik, Motivasi Belajar Peserta Didik, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 01:02
Last Modified: 25 Apr 2015 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item