UJI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT EVALUASI QUIZIZZ DAN GOOGLE FORM DALAM MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMK NEGERI 8 SEMARANG


Yuni Indriani, 5302418056 (2023) UJI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT EVALUASI QUIZIZZ DAN GOOGLE FORM DALAM MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMK NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302418056_Yuni Indriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 8 Semarang, rendahnya nilai hasil belajar siswa karena pelaksanaan evaluasi yang digunakan oleh guru cenderung monoton dan kurang menyenangkan. Apabila dalam pelaksanaan evaluasi guru menggunakan cara yang kreatif maka siswa akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya inovasi dalam penggunaan alat evaluasi yaitu menggunakan quizizz dan google form. Melalui quizizz dan google form diharapkan dapat membawa perubahan baik dalam sistem pendidikan yang akan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan hasil belajar siswa lebih baik menggunakan quizizz atau google form pada mata pelajaran Informatika kelas X TJKT di SMK Negeri 8 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 8 Semarang sejumlah 12 kelas. Teknik sampel penelitian ini adalah simple random sampling sehingga diperoleh sampel kelas X TJKT 1 sebagai kelas eksperimen I, kelas X TJKT 2 sebagai kelas eksperimen II, dan X PPLG 2 sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penilaian menggunakan instrumen soal tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dari baris df = 70 dan kolom 2-tailed 0,05 dengan nilai ttabel = 1,994, nilai thitung > ttabel (3,117 > 1,994) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan alat evaluasi quizizz dan google form pada mata pelajaran Informatika. Hasil rata-rata posttest siswa menggunakan quizizz sebesar 80,14 dan rata-rata posttest siswa menggunakan google form sebesar 69,86. Berdasarkan nilai dari baris df = 70 dan kolom 1-tailed 0,05 dengan nilai ttabel = 1,666, nilai thitung > ttabel (3,117 > 1,666) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, rata-rata nilai posttest menggunakan quizizz lebih tinggi dari pada menggunakan google form. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan quizizz lebih baik dari pada menggunakan google form pada mata pelajaran Informatika. Saran dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan quizizz sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Google Form, Evaluasi
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Nov 2024 05:35
Last Modified: 12 Nov 2024 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65516

Actions (login required)

View Item View Item