PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF PENGENALAN WAYANG BERBASIS AUGMENTED REALITY
Dimas Mahardika Ilmi, 5302415027 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF PENGENALAN WAYANG BERBASIS AUGMENTED REALITY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan teknologi yang terus mendapat pembaruan setiap waktu satu diantaranya adalah pemanfaatan untuk tujuan pelestarian budaya wayang kulit. Perubahan penyajian wayang disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga pengetahuan tentang wayang tidak membosankan dan nilainya tetap teresapi. Ada berbagai macam bentuk media yang digunakan sebagai alat untuk media pengenalan wayang, seperti berupa buku, video, dan salah satunya adalah aplikasi berbasis Augmented Reality pada smartphone. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Sebagai pengembangan dari penggunaan Marker-Based Augmented Reality, pada penelitian ini penulis menerapkan teknologi Markerless Augmented Reality dengan menggunakan metode User Defined Target. Dimana dengan menggunakan metode ini, pengguna tidak perlu lagi untuk menyiapkan marker untuk dipindai, dan pengguna dapat dengan bebas menentukan benda apa saja untuk dijadikan sebagai marker. Proses penelitian dilakukan dimulai dari pengumpulan data, perancangan aplikasi, produksi aplikasi, kemudian dilanjutkan validasi media oleh ahli media. Setelah dilakukan pengujian kelayakan media oleh ahli media, kemudian aplikasi akan dilakukan pengujian oleh pengguna. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengujian ahli media dan lembar pengujian kebermanfaatan oleh pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data meliputi data dari pengujian ahli dan data pengujian pengguna. Hasil pengujian oleh ahli media diperoleh nilai presentase akhir sebesar 82% yang menunjukkan media atau aplikasi dinyatakan layak digunakan. Sementara itu, dari hasil pengujian kebermanfaatan oleh pengguna diperoleh nilai presentase akhir sebesar 83,8% yang menunjukkan bahwa aplikasi memberikan kebermanfaatan kepada pengguna.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Augmented Reality, Wayang, Smartphone, Android. |
Subjects: | T Technology > Information and Computer T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:30 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65500 |
Actions (login required)
View Item |