PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN HYGIENE DAN SANITASI BERBASIS GAME BASED LEARNING


F.Sekar Hayu Dewani, 5402418009 (2023) PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN HYGIENE DAN SANITASI BERBASIS GAME BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5402418009_F. Sekar Hayu Dewani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang kini berkembang pesat semakin meningkatkan berbagai aspek kehidupan salah satunya ialah Pendidikan. Komponen pendidikan yang berperan penting untuk meningkatkan perkembangan teknologi adalah Media Pembelajaran. Salah satu hal yang dapat di optimalkan dalam penggunakan media pembelajaran adalah evaluasi dalam proses pembelajaran. Banyak sekali Platform online yang saat ini dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi pembelajaran antara lain Aplikasi Kahoot dan Aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan hasil evaluasi pembelajaran Hygiene Dan Sanitasi menggunakan aplikasi kahoot dan aplikasi Quiziz, selain itu untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi tersebut sebagai alat evaluasi pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain penelitian “pretest posttest nonequivalent multiple-group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKKR SMK PGRI 1 Kudus. Dengan sampel berjumlah 50 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas X TKKR 1 (Kelas Eksperimen 1) dan Kelas X TKKR 2 (Kelas Eksperimen 2). Hasil penelitian ini pada pengujian Independent Sample t-test terhadap hasil posttest di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 menghasilkan thitung sebesar 3,751 dan ttabel sebesar 1,68 maka diperoleh thitung>ttabel atau rata-rata nilai postest pada kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan dengan aplikasi quizizz lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan menggunakan aplikasi kahoot. Untuk melihat besarnya peningkatan hasil evaluasi siswa didapatkan menggunakan rumus N-Gain, untuk pelaksanaan evaluasi dengan menggunakan aplikasi quizizz mendapatkan skor 50% dengan kriteria peningkatan sedang dan untuk evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi kahoot mendapatkan skor 18% dengan kriteria peningkatan rendah. Maka terdapat perbedaan hasil evaluasi dengan menggunakan aplikasi quizizz dan aplikasi kahoot pada mata pelajaran hygiene dan sanitasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Kahoot, Aplikasi Quizizz, Hygiene Sanitasi
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:19
Last Modified: 12 Nov 2024 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65491

Actions (login required)

View Item View Item