PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR DI SMK TEXMACO PEMALANG


Susanto, 5202415017 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR DI SMK TEXMACO PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202415017_Susanto Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya teknologi smarphone dapat memudahkan untuk membantu dalam proses pembelajaran karena mempunyai dampak yang positif. Pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada adalah modal utama dalam membantu meningkatkan semangat belajar pesrta didik. Oleh sebab itu, upaya untuk memanfaatkan teknologi smartphone yang ada yaitu dengan teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran. Penelitian betujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor. Penelitian ini termasuk kedalam jenis metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model Four-D ini meliputi langkah-langkah: Define, Design, Delevop, dan Disseminate. Hasil penelitian bahwa Hasil validasi ahli materi mendapat skor 34 dengan rata-rata nilai akhir yaitu 3,4. dengan demikian maka materi pada media pembelajaran berbasis augmented reality ada pada kategori layak sehingga dapat digunakan. Hasil validasi ahli media mendapat skor 44 dengan rata-rata nilai yaitu 3,14. dengan demikian maka media pembelajaran berbasis augmented reality ada pada kategori layak sehingga dapat digunakan. Tanggapan dari 30 siswa terhadap media pembelajaran berbasis augmented rality secara keseluruhan terdapat 10 (33,3%) menyatakan sangat baik, terdapat 15 (50%) siswa menyatakan baik, terdapat 4 (13,4%) menyatakan kurang baik dan terdapat 1 (3.3%) siswa menyatakan tidak baik. Nilai mean yang diperoleh sebesar 32,20 masuk pada interval 31 – 33 pada kategori baik, sehingga secara keseluruhan tanggapan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sistem Penerangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:19
Last Modified: 08 Nov 2024 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65407

Actions (login required)

View Item View Item