PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERAWATAN SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK


Aris Munandar, 5202415005 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERAWATAN SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202415005_Aris Munandar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas guru masih menggunakan metode ceramah berbantuan slide powerpoint dalam proses pembelajaran. Metode ceramah dinilai kurang efektif untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Pengamatan terhadap siswa di SMK Ma’arif NU Kajen ditemukan beberapa siswa yang mengikuti pembelajaran terlihat tidak fokus dengan pembelajaran, siswa cenderung bosan dan tidak memperhatikan guru mengajar. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami slide powerpoint yang disajikan karena penayangan slide terlalu cepat, tingkat pemahaman peserta didik yang cenderung berbeda membuat penayangan slide tidak efektif karena ada yang meminta lanjut dan ada yang meminta kembali ke slide sebelumnya, tidak sedikit peserta didik yang tidak mencatat materi pembelajaran sehingga mereka tidak dapat mengulangi pembelajaran di rumah. Mengembangkan modul elektronik berbasis android materi Perawatan Sistem EFI dengan harapan dapat memberi pengaruh positif terhadap pengetahuan siswa. Metode penelitian ini adalah 4D. Desain penelitian pre-eksperimental design serta model one group pretest-posttest. Uji kelayakan materi dan media menggunakan uji persentase, uji peningkatan hasil belajar menggunakan uji-t dan diinterpretasikan menggunakan uji n-gain, dan uji respon siswa terhadap e-modul menggunakan uji persentase. Akhir dari penelitian ini menghasilkan produk e-modul overhaul kepala silinder dengan perolehan tingkat kelayakan materi dan media sebesar 85% dan 89% dengan kategori sangat layak, Hasil uji-t pretest-posttest diperoleh thitung 7,45, ttabel 2,050, dk pembilang 29-1=28, α=5%, nilai n-gain sebesar 0,626 dengan kriteria gain “sedang”, dan hasil respon siswa terhadap e-modul sebesar 90% dengan kriteria baik sehingga dapat dikatakan bahwa e-modul pembelajaran pada perawatan sistem EFI yang layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: 4D, E-Modul, Hasil Belajar, Sistem EFI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:17
Last Modified: 08 Nov 2024 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65406

Actions (login required)

View Item View Item