PENERAPAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS BERBAGAI JENIS PEKERJAAN PADA PEMESINAN BUBUT


Ahmad Naufal Fahim, 5201418008 (2023) PENERAPAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS BERBAGAI JENIS PEKERJAAN PADA PEMESINAN BUBUT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201418008_Ahmad Naufal Fahim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang membuat minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menjadi kurang yang terbukti dengan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran pemesinan bubut kelas XI tingkat ketuntasan belajarnya masih rendah, dimana pada kelas XI TP 1 tingkat ketuntasan belajarnya 40% dan yang masih belum tuntas sebesar 60%. Dan pada kelas XI TP 2 tingkat ketuntasan belajarnya 37,15% dan yang belum tuntas 62,85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-modul, menguji keefektifan media E-modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada pemesinan bubut dan menganalisis besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media E-modul dibandingkan dengan media buku cetak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest control grup design dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Semarang dan untuk sampelnya akan digunakan sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Sebelum digunakan untuk perlakuan, E-modul diuji kelayakannya terlebih dahulu oleh para ahli. Prosedur penelitian meliputi pre-test post-test. Perlakuan E-modul diberikan kepada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol akan menggunakan media buku cetak. Analisis data hasil belajar diperoleh dengan menerapkan analisis deskriptif, Uji T dan Uji Peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-modul layak digunakan dengan kategori layak. Hasil uji post-test menunjukan t - hitung 7.131 > t - tabel 1.671 artinya penggunaan media E-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan persentase 74,40%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 37,48% dengan kategori sedang. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa media E-modul mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada pemesinan bubut dibandingkan dengan media buku cetak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, berbagai jenis pekerjaan pada pemesinan bubut, hasil belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Nov 2024 06:19
Last Modified: 08 Nov 2024 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65393

Actions (login required)

View Item View Item