Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SDN Kandri 02 Semarang


Aditiyaningtiyas , 1402407046 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SDN Kandri 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SDN Kandri 02 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SDN Kandri 02 Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPS di kelas III SDN Kandri 02 Semarang menunjukkan hasil belajar dan aktivitas siswa yang belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan 36,4% mengalami ketuntasan belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan (1) keterampilan guru, (2)aktivitas siswa dan (3) hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan materi jual beli dan uang di kelas 3 SDN Kandri 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Ketiga permasalahan tersebut diteliti dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas III SD N Kandri 02 Semarang. Dan dalam kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kandri 02 Semarang yang berjumlah 11 anak dengan menerapkan model Teams Games and Tournament. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: pada siklus I, keterampilan guru dalam pembelajaran memperoleh skor 37 dengan kategori baik, aktivitas siswa mendapat skor rata-rata 21,38 dengan kategori baik dan tingkat ketuntasan 54,55%. Pada siklus II keterampilan guru mendapat skor 42 dengan kategori baik, aktivitas siswa mmendapat skor 23,64 dengan kategori baik dan ketuntasan belajar sebesar 72,73%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus III dengan peningkatan skor keterampilan guru sebesar 48 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor 27,26 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan belajar sebesar 90,91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Teams Games and Tournament dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengajaran, belajar tim/diskusi kelompok, turnamen, dan pengharagaan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Kandri 02 Semarang . Dan saran setelah penelitian ini adalah (1) guru dapat menggunakan TGT untuk meningkatkan keterampilan mengajar,(2) guru harus meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas siswa, (3) Untuk lebih menguji kebenaran dari penelitian ini, maka diperlukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, teams gamaes tournament (TGT)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 00:54
Last Modified: 25 Apr 2015 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item