Upaya Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin Cirebon Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball


Imah Nurhalimah , 3101407086 (2011) Upaya Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin Cirebon Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin Cirebon Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin Cirebon Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball) - Accepted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Hal ini dibuktikan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah khususnya dalam mata pelajaran sejarah. Penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan metode ceramah yang membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga kurang konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah dan memiliki sifat lupa, sehingga perlu adanya peninjauan ulang terhadap materi yang dijelaskan guru. Salah satunya adalah penerapan strategi college ball. Strategi pembelajaran aktif tipe college ball salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatakan keaktifan siswa di dalam kelas dan kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran aktif tipe college ball pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe college ball yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin tahun ajaran 2010/2011. Penelitian difokuskan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe college ball dalam proses pembelajaran di kelas. Data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe college ball dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kinerja guru dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Ciwaringin tahun ajaran 2010/2011. Terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, hasil belajar sejarah siswa diperoleh nilai rata-rata 66,96 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 47,92%. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,89 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 64,58 %. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 76,56 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,42 %. Pada siklus II ini nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal telah mencapai indikator keberhasilan ketuntasan minimal yaitu nilai ketuntasan belajar ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal 75%. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah strategi pembelajaran aktif tipe college ball mampu meningkatkan keaktifan siswa dan kinerja guru dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Saran untuk guru sejarah, dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe college ball sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta menjadikan pembelajaran sejarah yang menarik dan menyenangkan. Saran bagi siswa, agar lebih aktif dan berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat setelah mengetahui dan memahami strategi pembelajaran aktif tipe college ball dan lebih konsentrasi dan fokus pada waktu proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Sejarah, Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 00:31
Last Modified: 25 Apr 2015 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item View Item