“Perbedaan Hasil Lompat Jauh Antara Dilatih Speed Strength Dengan Menggunakan Quarter Squat dan Half Squat Pada Siswa Putera Kelas 2 SMP Negeri 38 Purworejo Tahun Pelajaran 2005/2006’’.

Fatkhurrohman, 6314990043 (2006) “Perbedaan Hasil Lompat Jauh Antara Dilatih Speed Strength Dengan Menggunakan Quarter Squat dan Half Squat Pada Siswa Putera Kelas 2 SMP Negeri 38 Purworejo Tahun Pelajaran 2005/2006’’. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Perbedaan Hasil Lompat Jauh Antara Dilatih Speed Strength Dengan Menggunakan Quarter Squat dan Half Squat Pada Siswa Putera Kelas 2 SMP Negeri 38 Purworejo Tahun Pelajaran 2005/2006’’.) - Published Version
Download (422Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil lompat jauh antara dilatih speed strength dengan quarter squat dan half squat, dan manakah yang lebih baik hasil lompat jauh antara dilatih speed strength dengan quarter squat dan half squat. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen dengan pola matched subjek atau disebut pola M-S. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 38 Purworejo kelas II sebanyak 40 siswa. Dari populasi berjumlah 40 siswa diadakan tes awal lompat jauh gaya jongkok. Populasi dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen diberi perlakuan half squat dan kelompok kontrol diberi perlakuan quarter squat. Setelah diberi perlakuan selama 6 minggu kemudian diadakan tes akhir dengan instrumen lompat jauh gaya jongkok. Hasil lompat jauh kedua kelompok tersebut dengan analisis statistik t-test untuk mengetahui perbedaan hasil lompat jauh antara dilatih quarter squat dan half squat. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah (1) Hasil lompat jauh yang dilatih Speed Strength dengan menggunakan Half Squat tidak berbeda dengan yang dilatih Quarter Squat. (2) Latihan Speed Strength dengan menggunakan Quarter Squat dan Half Squat memiliki pengaruh yang sama baik terhadap peningkatan hasil lompat jauh gaya jongkok. Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 38 Purworejo dapat dilatih Speed Strength dengan menggunakan Quarter Squat dan Half Squat. (2) Latihan Speed Strength dengan menggunakan Quarter Squat dan Half Squat dapat digunakan sebagai variasi dalam latihan peningkatan prestasi lompat jauh gaya jongkok.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 30 Mar 2011 23:18
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item