STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI PADA PERLINTASAN SEBIDANG REL KERETA API DENGAN JALAN RAYA (STUDI KASUS PERLINTASAN KERETA API CIMINDI, KOTA CIMAHI)
Liana Lusi Lestari, 5111419050 (2023) STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI PADA PERLINTASAN SEBIDANG REL KERETA API DENGAN JALAN RAYA (STUDI KASUS PERLINTASAN KERETA API CIMINDI, KOTA CIMAHI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan sarana transportasi jalan raya tidak jarang membentuk pertemuan dengan sarana transportasi jalan rel. Pertemuan antarmoda transportasi kendaraan bermotor dan kereta api pada perlintasan sebidang menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas yang tinggi karena karakteristik pergerakan angkutan tersebut jauh berbeda. Pada periode Januari hingga September 2021, PT KAI Daerah Operasi II Bandung mendata 13 orang menjadi korban tertabrak kereta api dengan penyebab yang beragam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi geometrik, jumlah volume kendaraan yang melintas, serta sarana dan prasarana di Jalan Raya Cimindi yang berpotongan dengan jalur rel kereta api harus sesuai dengan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat SK 770 Tahun 2005. Penelitian ini menggunakan metode survei yang digunakan dalam survei kondisi geometrik, survei volume lalu lintas, serta survei sarana dan prasarana. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini MKJI 1997, Dithubdat SK 770 2005, Puslitbang Jalan 2004, dan Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah 2004. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kecelakaan di Jalan Raya Cimindi yang berpotongan dengan rel kereta api menunjukan angka 153,22 100JPKP dengan tingkat fatalitas 19,15 100JPKP dan nilai EAN 153 yang melebihi BKA 109,17 serta UCL 104,61. Nilai tersebut lebih tinggi dibanding segmen sebelum dan sesudah perlintasan. Kondisi sarana dan prasarana seperti rambu-rambu perlintasan kondisinya belum lengkap sehingga belum memenuhi standar teknis yang berlaku. Kondisi geometrik Jalan Raya Cimindi yang berpotongan dengan jalur rel sebagian sudah memenuhi standar teknis seperti kelas jalan, kelandaian jalan, dan tidak berada pada tikungan tetapi untuk jumlah lajur, lebar jalur, dan sudut perpotongan jalan masih belum memenuhi standar teknis. Volume lalu lintas harian rata-rata di Jalan Raya Cimindi sebesar 5.722 smp/hari dengan kapasitas jalan 1541 smp/jam sehingga rasio v/c yang dihasilkan sebesar 1,25. Hasil kali volume lalu lintas harian rata-rata dengan frekuensi kereta api yang melintas untuk jam sibuk pagi adalah 149.374 smpk untuk jam sibuk pagi hari, 149.713 smpk pada jam sibuk siang hari, dan 147.225 smpk untuk jam sibuk sore hari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan Raya, Perlintasan Sebidang, Rel, Volume Lalu Lintas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65287 |
Actions (login required)
View Item |