PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI MOTOR STARTER TIPE PLANETARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Anung Priananda, 5202415039 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI MOTOR STARTER TIPE PLANETARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Guru masih menggunakan media pembelajaran berupa manual book dan power point dalam menyampaikan materi perawatan sistem starter. Penggunaan media komputer yang berisikan animasi, audio, dan video dalam pembelajaran masih sedikit digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul, serta mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah penelitian, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Desain uji coba penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, uji gain, serta analisis daya tarik siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan ini berbentuk media pembelajaran e�modul motor starter tipe planetary. Berdasarkan hasil perhitungan uji kelayakan media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90% dari ahli media dan 84,17% dari ahli materi, termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan uji normalitas diperoleh hasil 5,32 untuk data pretest dan 5,69 untuk data posttest dengan kesimpulan data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas yaitu 3,68 dengan kesimpulan data homogen. Hasil perhitungan uji-t yaitu thitung = 13,73 > ttabel = 2,04. Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata uji gain sebesar 0,64 dengan kategori peningkatan hasil belajar sedang. Analisis daya tarik siswa terhadap media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90,61% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-modul, motor starter, hasil belajar, SMK |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65210 |
Actions (login required)
View Item |