STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 2 KEMUSU BOYOLALI


Ismi Baniarti, 3601416012 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 2 KEMUSU BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601416012_ - Ismi Bani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Dalam proses belajar mengajar di sekolah terkadang dapat dijumpai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri yang mencakup intelegensi, minat, bakat, motivasi dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri peserta didik yang mencakup dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Jika kesulitan belajar pada peserta didik tidak segera diatasi maka akan berdampak pada nilai dan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Kemusu Boyolali. Sumber data penelitian adalah data primer melalui informan yang terdiri dari guru IPS, kepala sekolah dan peserta didik. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah meliputi perangkat pembelajaran IPS, jumlah peserta didik, data sarana dan prasarana, dan tata tertib sekolahan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan teknik analisis data menggunakan data induktif dengan menggunakan fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dalam menghafal materi, pembelajaran yang membosankan. Penyebab kesulitan belajar peserta didik yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri seperti kesehatan, minat belajar peserta didik yang kurang, kurangnya motivasi belajar peserta didik, banyaknya materi pelajaran. Penyebab kesulitan belajar peserta didik dari luar yaitu seperti kurangnya motivasi dari orangtua, lingkungan peserta didik yang kurang mendukung dalam belajar, sarana prasarana di sekolahan yang kurang dimanfaatkan serta guru kurang tepat dalam memilih metode serta media dalam proses belajar mengajar. strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif serta menggunakan metode yang tepat seperti strategi kooperatif, ekspositori dan inquiry, dengan begitu strategi guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik dengan ini diharapkan semoga teratasi dan dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:46
Last Modified: 05 Nov 2024 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65207

Actions (login required)

View Item View Item