OPTIMALISASI DESAIN SINYAL LALU LINTAS PADA SIMPANG JALAN MENGGUNAKAN PERMODELAN PTV VISSIM (STUDI KASUS: JALAN KYAI SALEH – DR KARIADI – MENTERI SUPENO, KOTA SEMARANG)


Gumilang Bagaskara Adhi Wicaksana, 5111418065 (2022) OPTIMALISASI DESAIN SINYAL LALU LINTAS PADA SIMPANG JALAN MENGGUNAKAN PERMODELAN PTV VISSIM (STUDI KASUS: JALAN KYAI SALEH – DR KARIADI – MENTERI SUPENO, KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111418065_Gumilang Bagaskara Adhi Wicaksana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu persimpangan yang mempunyai peranan yang cukup besar di kota Semarang adalah Simpang Bergota. Tingkat kepadatan dan keramaian lalu lintas di titik ruas jalan ini cukup besar karena merupakan jalur dalam dari arah Jalan Pandanaran dan ke arah polda Jawa Tengah yang melewati Jalan Kyai Saleh. Sistem pergerakan transportasi dari berbagai macam dan karakteristik lalu lintas yang terjadi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah observasi dengan melakukan pengambilan data sebagai input pada PTV Vissim seperti data geometrik Simpang, rute kendaraan, komposisi, volume kendaraan, kecepatan kendaraan, dan siklus waktu lalu lintas dengan menggunakan metode Traffic Counting pada Simpang Bergota didasarkan pada analisis hasil rekaman video Drone lalu melakukan pencacahan arus lalu lintas dengan menghitung kendaraan yang melewati titik survei. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kondisi eksisting simpang secara keseluruhan dengan urutan fase lampu APILL utara-selatan-barat memiliki tingkat pelayanan (LOS) dengan kategori “C” atau sedang dengan nilai tundaan sebesar 20,59 detik/kendaraan dan Panjang antrean 66,93 meter dengan total kapasitas simpang sebesar 5881 kendaraan/jam dan rasio Q/C sebesar 0,46 maka derajat kejenuhan berada pada kategori “A”. Kinerja Simpang Bergota setelah dilakukan pengoptimalan dengan waktu sikus 50 detik dengan 3 Fase menggunakan PTV Vissim menghasilkan tingkat kinerja Simpang dengan kapasitas sebesar 8.308 kend/jam, rasio Q/C 0,33 derajat kejenuhan berada pada kategori “A”, Panjang antrean simpang sebesar 4,50 meter, panjang antrean maksimal simpang sebesar 37,59 meter, nilai tundaan simpang 9,03 detik, serta LOS simpang berada pada kategori “A”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simpang Bersinyal, Kinerja, Optimalisai Sinyal lalu lintas, VISSIM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:27
Last Modified: 05 Nov 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65204

Actions (login required)

View Item View Item