PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL PANDUAN APLIKASI PLICKERS BERBASIS ANDROID SEBAGAI PLATFORM EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SAMBIROTO 01 KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI


Erna Widyastuti, 1401417042 (2021) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL PANDUAN APLIKASI PLICKERS BERBASIS ANDROID SEBAGAI PLATFORM EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SAMBIROTO 01 KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan evaluasi hasil belajar berbasis teknologi yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi COVID-19 sangat penting untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Sambiroto 01 Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, ditemukan permasalahan terkait pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa yang kurang menarik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi guru dalam memanfaatkan teknologi seperti Plickers karena terbatasnya panduan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan platform aplikasi evaluasi hasil belajar, mengetahui karakteristik, kelayakan, dan keterlaksanaan elektronik modul panduan aplikasi Plickers berbasis android sebagai platform evaluasi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D oleh Thiagarajan dengan 4 langkah yaitu: (1) Define (Pendefinisian);(2) Design (Perancangan);(3) Development (Pengembangan); dan (4) Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, analisis data produk berupa analisis kelayakan dan angket tanggapan guru serta siswa, dan analisis data akhir berupa analisis angket keterlaksanaan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektronik modul panduan aplikasi Plickers berbasis android sangat layak digunakan dengan persentase rata – rata penilaian oleh ahli materi sebesar 87,08% dan ahli media sebesar 90,72% mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil angket guru memperoleh rata – rata skor kualitas produk 4,42 dan hasil angket siswa memperoleh skor rata – rata kualitas 4,33 mendapatkan kriteria sangat menarik. Hasil angket keterlaksanaan guru mendapatkan rata – rata persentase 81,25% dan siswa 83,75%, sehingga menunjukkan bahwa penggunaan elektronik modul panduan aplikasi Plickers berbasis android dapat terlaksana sebagai penunjang dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah elektronik modul panduan aplikasi Plickers berbasis android layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambiroto 01 Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Saran penelitian yaitu sekolah dapat mengembangkan pelaksanaan evaluasi berbasis IT dengan optimal, guru harus memahami kebutuhan siswa, dan siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran khususnya evaluasi agar menjadi lebih menyenang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Android; Plickers; Evaluasi Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:15
Last Modified: 05 Nov 2024 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65191

Actions (login required)

View Item View Item