PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG
Dwiki Krisdiantoro, 5101419037 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Autocad merupakan salah satu software yang diajarkan di SMK jurusan Teknik Perawatan Gedung SMKN 7 Semarang. Pembelajaran autocad di kelas memiliki tantangan tersendiri berbeda dengan mata pelajaran lain dikarenakan autocad sendiri dimana pendidik dihadapkan berbagai masalah dari metode, media dan sarana. Berdasarkan observasi dan keresahan, peneliti ingin mengembangkan aplikasi “Prigel AutoCad” sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi dengan kemasan yang menarik dan dapat diakses dimana dan kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis android “Prigel AutoCad” dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android “Prigel AutoCad” dengan pembelajaran metode demonstrasi pada pembelajran autocad siswa kelas XI jurusan TPG SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau pengembangan dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan mencari perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan metode demonstrasi dengan proyektor, sedangkan kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis android “Prigel Autocad”. Penggunaan media interaktif “Prigel AutoCad” pada pembelajaran autocad siswa kelas XI jurusan Teknik Perawatan Gedung SMKN 7 Semarang. Berdasarkan output spss uji Mann Whitney diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar pembelajaran autocad antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Uji kelayakan pengguna dari “Prigel AutoCad” mendapat skor rata-rata 3,81 dan dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa media interaktif “Prigel AutoCad” layak digunakan dan menarik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, “Prigel AutoCad”, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65185 |
Actions (login required)
View Item |