Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Digital Siswa


Hannan Maulana Syah Sinaga, 4401414081 (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Digital Siswa. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan menuntut sekolah beserta seluruh elemen di dalamnya untuk menyesuaikan diri. Hal tersebut sangat penting mengingat peran sekolah yang vital dalam mencetak generasi yang cerdas dan berdaya saing. Dalam praktiknya, masih banyak guru yang belum bisa menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang disesuaikan dengan teknologi masa kini serta tidak konvensional. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk terlibat secara aktif serta ruang untuk mengasah keterampilan dan mengeksplorasi diri dengan maksimal. Peneliti akan berusaha mengatasi masalah tersebut melalui penelitian pengembangan (Research and Development) ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk serta mengetahui kualitas produk yang dihasilkan. Dalam penelitian ini, produk merupakan perangkat pembelajaran Biologi berupa Silabus, Rencana Proses Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), untuk membantu meningkatkan literasi sains dan teknologi pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peneliti memilih model penelitian pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D, yaitu Define {Pembatasan), Design (Desain). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) terintegrasi STEM untuk meningkatkan keterampilan sains dan teknologi ini diujicobakan di SMP Negeri 22 Semarang dengan subjek penelitian siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus yang berbasis PBL-STEM, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis PBL- STEM, serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis PBL-STEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:41
Last Modified: 05 Nov 2024 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65170

Actions (login required)

View Item View Item