PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATERI PROGRAM LINEAR


Gendika Tiras Saputri, 4101417064 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATERI PROGRAM LINEAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417064_Gendika Tiras Saputri - Gendika Tiras Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk akhir berupa perangkat pembelajaran matematika terintegrasi STEM pada pembelajaran PBL dengan materi program linear yang valid, praktis, mudah dipahami dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS terintegrasi STEM, bahan ajar terintegrasi STEM, media pembelajaran dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang disusun berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Metode penelitian yang digunakan yaitu modifikasi metode penelitian Research and Development (R&D) menurut Thiagarajan dengan pretest-posttest control group design. Validator merupakan dosen matematika UNNES dan guru matematika SMA N 1 Gebog Kudus, dua guru matematika SMA N 1 Gebog Kudus sebagai responden uji kepraktisan dan 36 siswa kelas XI IPA 2 sebagai responden uji keterbacaan. Pada uji keefektifan dilakukan eksperimen pada 36 siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan 36 siswa XI IPA 5 (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran terintegrasi STEM pada PBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi materi program linear memenuhi kriteria: (1) valid dengan presentase 90% untuk silabus, 89% untuk RPP, 86,3% untuk LKS, 85,9% untuk bahan ajar, 89,1% untuk media pembelajaran, dan 92,5% untuk instrumen tes, (2) praktis dengan presentase 88,75%, (3) mudah dipahami dengan presentase keterbacaan 84,3%, (4) pembelajaran PBL menggunakan perangkat pembelajaran terintegrasi STEM materi program linear efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yang didasarkan pada hasil uji hipotesis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, STEM, PBL, Kemampuan Komunikasi Matematis Sisw
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:36
Last Modified: 04 Nov 2024 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65142

Actions (login required)

View Item View Item