PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA


Muhammad Faisal Fanani, 4001418012 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001418012_MUHAMAD FAISAL FANANI_SKRIPSI - Muhamad Faisal Fanani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan didasarkan pada masalah kurangnya minat belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan demikian, solusi yang diajukan adalah mengembangkan E-modul sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menerapkan penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti prosedur model ADDIE dan terbatas pada tahap Pengembangan. Angket validasi materi dan media, keterbacaan, respon, dan minat belajar digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Oleh karena itu, hasil menunjukkan persentase rata-rata 87% untuk ahli materi dan media termasuk dalam kategori sangat baik. Keterbacaan media yang dilihat dari respon siswa mendapat kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 86,9% dan minat belajar mendapat 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul sangat valid untuk digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran IPA pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Direct Instruction, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:20
Last Modified: 04 Nov 2024 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65139

Actions (login required)

View Item View Item