HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KABUPATEN PATI


Erinda Tri Setyani, 1401418375 (2022) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SDN DI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418375_ERINDA TRI SETYANI - Erinda Tri Setyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu data awal hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas V SDN di Gugus Pangeran Diponegoro Kabupaten Pati sebagian besar kebiasaan dan kemandirian belajar masih rendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar PPKn, sehingga diteliti kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN di Gugus Pangeran Diponegoro Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar PPKn; (2) hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar PPKn; (3) hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel dengan seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 109 siswa kelas V SDN di Gugus Pangeran Diponegoro Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen agket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan hal sebagai berikut. (1) Kebiasaan belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar PPKn dalam kategori rendah dengan besar kontribusi 7,6%. (2) Kemandirian belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar PPKn dalam kategori sedang dengan besar kontribusi 16,7%. (3) Kebiasaan belajar dan kemandirian belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar PPKn dalam kategori sedang dengan besar kontribusi 16,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar PPKn; (2) terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar PPKn; (3) terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn. Saran yang diberikan yaitu guru perlu meningkatkan kebiasaan belajar siswa seperti memberi arahan kepada siswa supaya belajar di rumah minimal satu jam per hari, kemudian meningkatkan kemandirian belajar seperti memberikan arahan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal secara mandiri, dilarang mencontek. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar dan kemandirian belajar yang baik maka akan memperoleh hasil belajar yang baik pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, kemandirian belajar, hasil belajar PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:09
Last Modified: 04 Nov 2024 05:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65137

Actions (login required)

View Item View Item