PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHICS MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV DI SD NEGERI WATES 02 SEMARANG


Vivi Lestiyani, 1401418315 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHICS MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV DI SD NEGERI WATES 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418315_Vivi Lestiyani - VIVI LESTIYANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SD Negeri Wates 02 Semarang melalui data hasil pengamatan, wawancara, angket, dan nilai hasil belajar siswa kelas IV. Diketahui bahwa hasil belajar muatan pembelajaran IPS masih rendah hal tersebut disebabkan oleh penggunaan alat bantu mengajar kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media video animasi motion graphics, bagaimana kelayakan media video animasi motion graphics, bagaimana keefektifan media video animasi motion graphics. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video animasi motion graphics, menguji kelayakan media video animasi motion graphics, dan menguji keefektifan media video animasi motion graphics. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall model Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahapan penelitian yakni: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk kelompok kecil; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian kelompok besar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wates 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi motion graphics sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian media oleh ahli media sebesar 98,6% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 100%. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 dengan demikian dikatakan bahwa ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest kelompok kecil dan besar. Peningkatan rata-rata (Gain) data hasil belajar pretest dan posttest kelompok kecil sebesar 0,754 dengan kategori “tinggi” dan “cukup efektif” selisih rata-rata 36,67 sementara untuk pretest dan posttest kelompok besar sebesar 0,696 dengan kategori “sedang” dan “cukup efektif selisih rata-rata 34. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran media video animasi motion graphics layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media video animasi motion graphics pada muatan pembelajaran lainnya dengan melengkapi komponen media, memperjelas isi materi serta membuat desain terbaru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi Motion Graphics, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:07
Last Modified: 04 Nov 2024 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65136

Actions (login required)

View Item View Item